Rabu, 26 Maret 2014

Cara Instal Library Tambahan Arduino

Setelah merasa nyaman dengan software Arduino dan menggunakan fungsi built-in-nya, Anda mungkin ingin menambah kemampuan Arduino dengan library tambahan.

Apa itu Library?

Library/ Perpustakaan adalah kumpulan kode yang akan memudahkan kita terhubung ke sensor, display, modul, dll. Sebagai contoh, built-in library LiquidCrystal berfungsi untuk memudahkan berkomunikasi dengan karakter display LCD. Ada ratusan perpustakaan tambahan yang tersedia di Internet untuk di-download. Built-in perpustakaan dan beberapa dari library tambahan yang tercantum dalam referensi. Untuk menggunakan library tambahan, Anda perlu menginstalnya dengan cara-cara dibawah ini.

Bagaimana cara menginstal Perpustakaan untuk Arduino?

Perpustakaan sering didistribusikan sebagai file ZIP atau folder. Nama folder adalah nama dari perpustakaan. Di dalam folder tersebut terdapat file .cpp, file .h dan file keywords.txt, contoh folder, dan file lain yang dibutuhkan oleh perpustakaan.

Instal Library/ Perpustakaan Otomatis

Dimulai dengan versi 1.0.5, Anda dapat menginstal perpustakaan pihak ke-3 dalam IDE.
Jangan unzip perpustakaan yang telah didownload, biarkan apa adanya.
Dalam Arduino IDE, arahkan ke Menu Sketch > Import Library. Di bagian atas daftar drop-down, pilih opsi "Add Library".

Menambahkan Library
Gambar 1: Menambahkan Library

Anda akan diminta untuk memilih perpustakaan yang ingin ditambahkan. Arahkan ke lokasi file .zip kemudian buka file tersebut.

Memilih File .zip
Gambar 2: Memilih File .zip

Kembali ke menu Menu Sketch > Import Library. Sekarang Anda akan melihat perpustakaan di bagian bawah menu drop-down. Dengan ini perpustakaan siap untuk digunakan dalam sketsa Anda.

Library siap Dipakai
Gambar 3: Library siap Dipakai

File zip tersebut akan diekspansi dalam direktory/ folder perpustakaan Arduino.
NB: perpustakaan dapat digunakan dalam sketsa, tapi contoh perpustakaan tersebut tidak akan muncul di File > Examples sampai IDE Arduino di-restart.

Instal Library/ Perpustakaan Manual

Untuk menginstal perpustakaan, pertama-tama keluar dari aplikasi Arduino.
Kemudian uncompress file ZIP yang berisi perpustakaan. Misalnya, jika Anda menginstal sebuah perpustakaan yang disebut "ArduinoParty", ArduinoParty.zip setelah di-compress harus berisi sebuah folder bernama ArduinoParty, dengan file seperti ArduinoParty.Cpp dan ArduinoParty.h. (Jika file .cpp dan .h tidak dalam folder yang sama, Anda harus menyatukannya. Dalam hal ini, Anda akan membuat folder bernama "ArduinoParty" dan memindahkan semuanya ke folder tersebut).

Simpan folder ArduinoParty ke folder folder perpustakaan Anda. Pada Windows, kemungkinan akan terletak di "My Documents\Arduino\libraries".
Folder library Arduino milik Anda sekarang harus terlihat seperti ini (pada Windows):

My Documents\Arduino\libraries\ArduinoParty\ArduinoParty.cpp
My Documents\Arduino\libraries\ArduinoParty\ArduinoParty.h
My Documents\Arduino\libraries\ArduinoParty\examples

Restart aplikasi Arduino. Pastikan perpustakaan baru muncul di menu Sketch->Import Library. Itu saja! Anda telah selesai menginstal perpustakaan!

3 komentar :

  1. gan, kalo untuk pembelian arduino murah dimana ya?, silahkan sertakan kontaknya kalo ada.

    BalasHapus
  2. thank you to your great simple tutorial..

    BalasHapus
  3. ada 150 arduino uno tapi belum ongkir ya

    BalasHapus