Kamis, 20 Maret 2014

Menggunakan AVRDude untuk USBTiny ISP

AVRDUDE adalah software untuk memasukan file program (.HEX) yang sangat populer untuk chip AVR. Avrdude versi 5.5 atau lebih tinggi memiliki built-in yang mendukung USBtinyISP! Lihat di bawah instruksi windows dan mac tentang cara menginstal versi yang benar dari AVRDUDE.

Untuk menguji AVRDUDE apakah bekerja dengan benar atau tidak, silahkan buat baris perintah dengan menulis avrdude -c usbtiny-p m8 saat perangkat terpasang (LED hijau menyala).
Tes USBTiny di AVRDude
Gambar 1: Tes USBTiny di AVRDude
Anda harus mendapatkan respon, yang berarti bahwa USBTiny berkomunikasi dengan programmer tetapi gagal menemukan sebuah chip yang terhubung.

Jika perangkat tidak ditemukan, Anda akan mendapatkan respons ini:
Perangkat tidak terdeteksi
Gambar 2: Perangkat tidak terdeteksi
Anda dapat mencoba mencabut dan memasangkan kembali (reset dapat membantu) atau memeriksa apakah driver diinstal atau tidak, dll.

Jika Anda menghubungkan programmer dengan target (misalnya target sistem minimum attiny2313 ) dan menjalankan avrdude -c usbtiny-p t2313 Anda akan mendapatkan informasi yang menunjukkan bahwa USBTiny dikomunikasikan dengan baik ke chip.
Komunikasi sukses
Gambar 3: Komunikasi sukses antara USBTiny dan Chip target
Cara menggunakannya sangat sederhana, dengan menunjukkan usbtiny sebagai programmer, anda tidak perlu mengatur PORT/COM karena sudah dipastikan yang digunakan adalah USB.

Anda dapat menggunakan opsi -B untuk menentukan kecepatan ISP. Secara default nilai kecepatannya adalah 10 yang berarti clocknya adalah 100KHz, ini berguna untuk kecepatan clock target > 500KHz. Jika Anda ingin melakukan clockrate dengan kecepatan tinggi (400kHz) untuk frekuensi target > 4MHz Anda dapat menggunakan "-B 1" untuk mempercepat pemrograman. Untuk menghitung frekuensi SPI dari nilai delay, gunakan rumus ini:

SPI frekuensi clock di KHz = 1000 / (1,5 + B) di mana B adalah nilai delay.

Secara umum, frekuensi clock setidaknya harus 4 kali lebih besar dari frekuensi clock target. Coba "-B 32" jika Anda mengalami masalah clocking, pengaturan ini mampu menangani bahkan 128KHz clock.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar