Senin, 17 Maret 2014

Panduan Penggunaan Manual USBTiny

USBtinyISP sangat mudah digunakan, tapi di sini ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan. Aozon merangkumnya dalam beberapa kasus yang sering terjadi ketika menggunakan USBTiny.
USBTiny ISP
Gambar 1: USBTiny ISP siap pakai

Indikator LED

Ada dua LED, yang pertama adalah LED hijau berada di dekat port USB dan satu lagi adalah LED merah dekat kabel.

LED hijau menunjukkan bahwa koneksi USB (USBTiny dan komputer) berhasil. Jika LED hijau tidak menyala dan Anda yakin bahwa rangkaian dirakit dengan benar, berarti ada masalah dengan pencacahan. Jika Anda menggunakan OS Windows atau Linux kemudian LED hijau tidak menyala ketika Anda pasang, itu sangat bermasalah. Jika Anda menggunakan Mac OS, cobalah mengirimkan perintah melalui AVRDUDE - LED kemudian akan menyala (aneh tapi nyata!).

LED merah menunjukkan bahwa USBtinyISP sedang melakukan proses program/download. Anda tidak boleh mencabut ketika LED merah sedang menyala.

Pemrograman Kabel

Ada dua kabel untuk pemrograman: 10-pin kabel ISP dan 6-pin kabel ISP. Pin-pin tersebut adalah dua jenis pin standar yang berlaku untuk pemrograman AVR di-sirkuit. Programmer ini tidak melakukan pemrograman JTAG.

Jumper JP3 (daya USB untuk target)

Ada jumper yang melengkung dekat kabel, JP3. Ketika jumper di pasang (menghubungkan dua kawat) itu berarti USBtinyISP memberikan daya 5V ke perangkat yang diprogram (target). Jika Anda tidak ingin menggunakan daya dari USB, cukup mencabut jumper tersebut. USBtinyISP hanya dapat menyediakan 5V, dengan arus sekitar 100mA ke perangkat target. Jika membutuhkan lebih banyak daya, maka Anda harus menghapus jumper dan daya perangkat akan terpisah.

Versi 1.0 dari USBtinyISP mengirimkan data ke perangkat pada tegangan 5V, tidak peduli apakah itu akan menyalakan perangkat atau tidak, jadi pastikan itu 5V! (Perhatikan bahwa ada 2 resistor 1.5K secara seri dengan jalur data yang berfungsi untuk perlindungan).

Menggunakan USBTiny sebagai antarmuka SPI

USBtinyISP dapat digunakan sebagai 'generik' perangkat SPI. silahkan kunjungi referensi kami jika anda mau mencoba mencari tahu bagaimana menggunakannya, dengan mendownload source code AVRDUDE dan mempelajari usbtiny.c.

4 komentar :