Minggu, 16 Maret 2014

Persiapan Alat dan bahan untuk Membuat USBTiny

Alat yang digunakan untuk membuat USBTiny tidak banyak, hanya beberapa alat yang sering kita pakai untuk membuat rangkaian elektronik. Jika anda tidak memilikinya, silahkan meminjam atau membeli alat tersebut. Berikut alat-alatnya:
  1. Soldering Iron / Baud Patri / Besi Solder
  2. Alat utama yang harus ada adalah Besi solder yang berfungsi untuk memanaskan solder / timah sehingga dapat menggabungkan komponen. Alat ini sudah banyak dipasaran, bahkan didaerah terpencil, alat ini sudah sangat populer.
    Solder Iron / Besi Patri
    Gambar 1: Solder Iron / Besi Patri
  3. Solder/ Patri / Timah
  4. Merupakan bahan penyolderan, berfungsi untuk mengikat/ menempelkan komponen. Bahan ini juga sudah pasti banyak di pasaran karena bahan ini merupakan pasangan dari besi solder.
    Solder
    Gambar 2: Solder
  5. Multimeter
  6. Alat ini digunakan untuk mengecek apakah rangkaian yang kita buat berfungsi dengan baik atau tidak. Kebanyakan orang tidak memperhatikan alat ini, terutama untuk pemula. Tetapi terus terang saja, alat ini sangatlah penting.
    Multimeter
    Gambar 3: Multimeter
  7. Flush Diagonal Cutter / Pemotong Diagonal
  8. Alat ini sangat berguna untuk memotong bagian kaki komponen yang tersisa setelah dipasang.
    Pemotong Diagonal
    Gambar 4: Pemotong Diagonal
  9. Solder Sucker / Penghisap Solder
  10. Jika ada beberapa komponen yang telah dipasan dan ternyata mengalami kesalaha, seperti komponen yang rusak atau salah pemasangan polaritas, maka penghisap solder ini sangat diperlukan.
    Penghisap Solder
    Gambar 5: Penghisap Solder
  11. Helping Third Hand With Magnifier / Tiga Tangan Tembantu Dilengkapi dengan Kaca Pembesar
  12. Alat yang satu ini tidaklah mutlak harus punya. Karena sebagian orang tidak memakainya dengan alasan tertentu. Tapi alat ini sangat berguna sebagai pegangan objeck (PCB) ketika akan melakukan penyolderan.
    Tiga Tangan Pembantu
    Gambar 6: Tiga Tangan Pembantu

Tidak ada komentar :

Posting Komentar