Kamis, 24 April 2014

Cara Mengkonversi Data dengan Regresi Linier

Masalah dalam pengiriman data sering terjadi, termasuk dalam perbedaan data. Konversi data adalah solusi ketika anda ingin mengirimkan data yang tidak sesuai dengan keinginan. Misalkan anda ingin mengirimkan nilai sudut dalam derajat (memiliki interval 0 - 360) tetapi data yang bisa dikirimkan hanya memiliki interval 0 - 255 (karena kebanyakan komunikasi Mikrokontroler dasar hanya 8 bit), maka dibutuhkan konversi dari 0-360 ke 0-255.

Ada banyak metode yang bisa memecahkan permasalahan tersebut. Sebelum membuat persamaan, Anda harus bisa memastikan yang mana sumbu X dan yang mana sumbu Y. Sumbu X adalah data yang tersedia, sedangkan Sumbu Y adalah data yang diinginkan atau data yang akan dikirim. Dalam permasalahan di atas, nilai derajat akan dijadikan sumbu X dan data yang akan dikirim dijadikan sumbu Y.

Mari kita ambil contoh konversi data dari 0-360 menjadi 10-255. Kenapa 10-255? Karena kebanyakan programmer akan menggunakan nilai 0 - 9 untuk ID / protokol perangkat (objek). Perhatikan Gambar 1.

Grafik hasil regresi linier
Gambar 1: Grafik hasil regresi linier
Pada Gambar 1 terdapat persamaan hasil Regresi Linier (yang ditandai dengan warna kuning) dengan menggunakan Software Excel. Persamaan tersebut dapat mengkonversi data 0-360 menjadi 10-255. Untuk mengetahui apakah persamaan tersebut benar atau salah, perhatikan Tabel 1.

Tabel 1: Nilai hasil persamaan Regresi Linier

Nilai

Persamaan hasil Regresi Linier menggunakan Microsoft Excel masih memiliki beberapa error, hal ini karena Regresi Linier memaksa nilai agar Linier, sedangkan sebenarnya masih ada pembulatan yang memungkinkan angka hilang di belakang koma. Pengaruh error ini akan membuat data yang kita kirim kadang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Misalkan kita ingin mengirim data dengan nilai derajat 360, karena error sebesar 0.2, maka hasil pengiriman tidak sesuai. Jika Anda merasa Regresi Linier bukan solusi yang tepat, silahkan gunakan metode lain, seperti menggunakan logika pada nilai yang error. Misalkan JIKA data yang yang diinginkan 360, MAKA nilai yang dikirim harus 255.

Cara Membuat Persamaan dan Grafik (Regresi Linier)

  1. Buka Microsoft Excel (Aozon menggunakan Excel 2007)
  2. Tulis angka 0 pada cell A1, 260 pada cell A2, 10 pada cell B1, dan 255 pada cell B2
  3. cell
  4. Pilih menu Insert > Scatter > Scatter with straight Line
  5. Akan ada grafik yang muncul. Klik kanan pada grafik tersebut, pilih Select Data, kemudian akan muncul Select Data Source
  6. Series
  7. Jika data sudah terdeteksi, Legend Entries akan tersisi oleh Series 1 kemudian klik Edit, jika belum silahkan klik Add untuk menambahkan data
  8. edit series
  9. Pada jendela Edit Series, masukan data pada Series X values dengan memblok cell A1 sampai A2, dan pada Series Y values dengan memblok cell B1 sampai B2. Jika Anda merasa kesulitan, silahkan copy: =Sheet1!$A$1:$A$2 untuk Series X dan copy: =Sheet1!$B$1:$B$2 untuk Series Y, klik OK dan OK
  10. Untuk menampilkan persamaan Regresi Linier, silahkan klik kanan pada garis biru (gradien) dan pilih Add Trendline
  11. Add Trendline
  12. Pada Format Trendline ceklis Display Equation on chart, kemudian klik Close

  13. Display Equation
  14. Selamat! Anda telah berhasil. Kini persamaan tersebut bisa digunakan untuk pemrograman.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar