Senin, 24 Maret 2014

Mengapa Harus Arduino (Beberapa Kelebihan)

Ada banyak sistem berbasis mikrokontroler lain atau platform mikrokontroler yang tersedia untuk "komputasi fisik". Parallax Basic Stamp, Netmedia yang BX-24, Phidgets, MIT Handyboard, dan banyak lagi yang lainnya menawarkan fungsionalitas yang sama. Semua alat ini mengambil rincian pemrograman mikrokontroler berantakan dan membungkusnya dalam paket yang mudah digunakan.

Logo Arduino

Namun Arduino juga menyederhanakan proses pekerjaan berbasis mikrokontroler, serta menawarkan beberapa keuntungan lebih bagi guru, siswa, dan amatir yang tertarik pada sistem lain:
  1. Murah
  2. Arduino relatif murah dibandingkan dengan platform mikrokontroler lain. Versi paling mahal dari modul Arduino dapat dirakit dengan tangan, dan bahkan biaya perakitan modul Arduino kurang dari $50.
  3. Cross-platform
  4. Perangkat lunak Arduino berjalan pada Windows, Macintosh OSX, dan sistem operasi Linux. Kebanyakan sistem mikrokontroler terbatas pada Windows.
  5. Sederhana
  6. Lingkungan pemrograman Arduino mudah digunakan untuk pemula, namun cukup bagi pengguna tingkat lanjut untuk mengambil keuntungan dari fleksibilitasnya. Bagi para guru, Arduino sangat nyaman, didasarkan pada lingkungan pemrograman Processing, sehingga siswa belajar program akan terbiasa dengan tampilan dan nuansa dari Arduino.
  7. Open source dan perangkat lunak yang dapat dikembangkan
  8. Arduino diproduksi sebagai alat open source, tersedia untuk perluasan bagi programmer berpengalaman. Bahasa dapat diperluas melalui perpustakaan C++, dan orang-orang yang ingin memahami rincian teknis dapat membuat program lompatan dari Arduino ke bahasa pemrograman berbasis C AVR. Demikian pula, Anda dapat menambahkan kode C AVR langsung ke dalam program Arduino.
  9. Open source dan hardware dapat dikembangkan
  10. Arduino didasarkan pada Atmel mikrokontroler ATMEGA8 dan ATmega168. Perencanaan/ Rancangan modul diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons, sehingga desainer sirkuit yang berpengalaman dapat membuat versi mereka sendiri, memperluas dan meningkatkan sistem Arduino. Bahkan pengguna yang relatif tidak berpengalaman dapat membangun versi breadboard untuk memahami cara kerjanya dan menghemat uang.

1 komentar :