Kamis, 09 Januari 2014

4 Juta Triliun Atom Dalam Tubuh, Berapa Juta Triliun Elektron?

Tubuh manusia adalah tumpukan atom yang berasal dari unsur-unsur berbeda. Secara alami, di dalam tulang kita terdapat polonium radioaktif dan radium radioaktif. Pengertian radioaktif itu sendiri adalah sifat dari sesuatu zat yang dapat memancarkan sinar radiasi karena kondisi zat itu yang tidak stabil. Otot-otot kita mengandung karbon radioaktif dan kalium radioaktif, dan dalam paru-paru terdapat gas mulia radioaktif dan tritium. Zat-zat ini dan banyak zat lainnya secara terus menerus memancarkan radiasi dan menyinari tubuh kita dari dalam. Selain itu, kita terkena sinar radiasi dari dalam oleh semua zat radioaktif alam dan buatan yang kita makan dan minum setiap hari. Setiap waktu, kita juga terkena radiasi dari bumi dan angkasa.

Manusia terdiri atas atom-atom, ada molekul-molekul, hormon, dan butir darah dalam tubuh kita. Akan tetapi semua itu juga tersusun dari atom-atom. Jika kita mulai terhitung, kita akan mendapati 4000.000.000.000.000.000.000.000.000 atom dalam tubuh kita. Manusia sebagai makhluk hidup yang mempunyai perasaan hanyalah sekumpulan oksigen, karbon, hidrogen, nitrogen, fosfor, kalium dan beberapa atom lainnya. Di alam semesta terdapat sekitar 105 jenis atom.
Gambar 1: Struktur Atom. (Sumber: dhoe-tkj.blogspot.com. Diakses: 08/01/2014)

Sebuah atom demikian kecilnya sehingga tubuh kita terdiri atas atom-atom yang jumlahnya ratusan kali lebih banyak daripada jumlah tetesan air diseluruh lautan di dunia. Meskipun demikian, sebuah atom memiliki struktur internalnya sendiri. Dalam kenyataannya, seluruh massa dari sebuah atom dipusatkan pada intinya yang terletak ditengah-tengah atom. Sebaliknya, volume inti hanya partikel yang amat kecil yang disebut elektron yang bergerak mengelilingi inti. Elektron-elektron dari sebuah atom menentukan sifat materi secara kimia.

(Sumber: www.batan.go.id. Diakses: 08/01/2014)

2 komentar :

  1. Jd..lebih kecil atom atau sel??klo atom lebih kecil apakah atom penyusun sel ?
    Atom energi yg artinya benda mati, sedangkan sel benda hidup yang butuh makan..apakah atom juga butuh makanan sperti sel ?

    BalasHapus