Sabtu, 22 Maret 2014

Bahasa Derivatif (Turunan dari Visual Basic)

Microsoft telah mengembangkan turunan dari Visual Basic untuk digunakan dalam scripting. Visual Basic itu sendiri berasal dari BASIC , dan selanjutnya telah diganti dengan NET yang merupakan versi platform.
Logo Visual Basic
Gambar 1: Logo Visual Basic

Beberapa bahasa yang diturunkan adalah:
  1. Visual Basic for Applications (VBA) banyak terdapat dalam aplikasi Microsoft (Microsoft Office), dan juga diproduk pihak ketiga seperti SolidWorks, AutoCAD, WordPerfect Office 2002, ArcGIS, Sage 300 ERP, dan Business Objects Desktop Intelligence. Ada inkonsistensi kecil ketika VBA diimplementasikan dalam aplikasi yang berbeda, tetapi sebagian besar bahasa sama dengan Visual Basic 6.0 serta menggunakan perpustakaan runtime yang sama. Pengembangan Visual Basic berakhir adalah 6.0, tetapi pada tahun 2010 Microsoft memperkenalkan VBA 7 untuk menyediakan fitur perpanjangan dan menambahkan dukungan untuk 64-bit.
  2. VBScript adalah bahasa default untuk Active Server Pages. Hal ini dapat digunakan di Windows scripting dan client-side pada halaman web scripting. VBScript menyerupai VB di dalam sintaks-nya , tetapi bahasa-dieksekusi oleh vbscript.dll bukan runtime VB. ASP dan VBScript tidak harus bingung dengan ASP.NET, karena menggunakan .NET Framework untuk halaman web yang dikompilasi.
  3. Visual Basic .NET ditunjuk Microsoft sebagai penerus Visual Basic 6.0, dan merupakan bagian dari Platform Microsoft .NET. Visual Basic .Net mengkompilasi dan berjalan menggunakan .NET Framework, sehingga tidak kompatibel dengan Visual Basic 6.0 (meskipun ada beberapa konversi, tetapi tidak mungkin dapat mengkonversi seluruhnya).
  4. OpenOffice Basic adalah interpreter yang kompatibel Visual Basic dan berasal dari StarOffice office suite.
  5. Gambas adalah program seperti Visual Basic yang terinspirasi dari perangkat lunak bebas yaitu (bahasa pemrograman untuk) sistem operasi Linux. Ini bukan clone Visual Basic, tetapi memiliki kemampuan untuk mengubah program Visual Basic ke dalam program Gambas.
  6. WinWrap Basic adalah pihak ketiga dari VBA yang dapat digunakan dengan berbagai perangkat lunak, dan tersedia bagi programmer untuk membangun fasilitas makro ke dalam program.
  7. LotusScript adalah varian VBA yang tersedia di Lotus SmartSuite dan Lotus Notes.
  8. Kemudian versi Corel WordPerfect Office menerapkan akses ke VBA sebagai salah satu bahasa makro/scripting, termasuk CorelScript dan PerfectScript
  9. Versi sebelumnya dari Microsoft Word yang menggunakan varian dari Visual Basic disebut WordBasic.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar