Sabtu, 22 Maret 2014

Sejarah (History) Visual Basic (VB)

Visual Basic (VB) versi 1.0 diperkenalkan pada tahun 1991. Untuk membuat desain user interface (GUI) dengan fasilitas Drag dan drop berasal dari bentuk prototipe Form generator yang dikembangkan oleh Alan Cooper dan perusahaannya yang disebut Tripod. Microsoft mengadakan kontrak dengan Cooper dan rekan-rekannya untuk mengembangkan Tripod menjadi sistem form yang dapat diprogram dalam Windows 3.0, di bawah nama kode Ruby (tetapi tidak ada hubungannya dengan bahasa pemrograman Ruby).
Alan Cooper
Gambar 1: Alan Cooper
Tripod tidak termasuk dalam bahasa pemrograman sama sekali. Microsoft memutuskan untuk menggabungkan Ruby dengan bahasa Basic untuk membuat Visual Basic.
Antarmuka Ruby Generator menyediakan "visual" (bagian dari Visual Basic) dan ini dikombinasikan dengan "EB" mesin DASAR Tertanam dan dirancang untuk meninggalkan "Omega" sebagai sistem database Microsoft. Ruby juga memberikan kemampuan untuk memuat link dinamis perpustakaan yang berisi kontrol tambahan (kemudian disebut "gizmos"), yang kemudian menjadi antarmuka VBX.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar