Sabtu, 22 Maret 2014

Fitur Bahasa dalam Visual Basic 6

Seperti bahasa pemrograman BASIC, Visual Basic dirancang untuk mengakomodasi programmer pemula. Programmer dapat membuat aplikasi GUI yang kompleks dengan cara yang sederhana. Pemrograman di VB dapat mengkombinasi antar visual dalam mengatur komponen atau kontrol yang ditampilkan dalam sebuah Form , dapat menentukan atribut dan tindakan untuk komponen-komponen, dan menulis baris tambahan kode untuk fungsi tambahan. Sejak VB mendefinisikan atribut default dan tindakan untuk komponen, programmer dapat mengembangkan program sederhana tanpa menulis banyak kode.

Meskipun program VB dapat dikompilasi ke dalam kode executable asli dari versi 5, tetap saja masih membutuhkan kehadiran sekitar 1 MB runtime library. Runtime library disertakan secara default di Windows 2000 ke atas. Versi sebelumnya dari Windows (95/98/NT), mengharuskan perpustakaan runtime didistribusikan dengan eksekusi. Kebanyakan pengguna saat ini menggunakan windows XP ke atas, jadi tidak masalah.
Form pada Visual Studio 6
Gambar 1: Form pada Visual Studio 6

Form dibuat menggunakan teknik drag-and-drop. Kontrol memiliki atribut dan event handler yang terkait dan disajikan dalam lingkungan yang fleksibel sehingga mudah diakses. Nilai default telah disediakan ketika kontrol dibuat, tetapi tentu saja dapat diubah oleh programmer. Banyak nilai atribut dapat diubah selama run time berdasarkan tindakan pengguna atau perubahan lingkungan, sehingga VB menyediakan aplikasi yang dinamis. Sebagai contoh, kode dapat dimasukkan ke dalam event handler yang dapat mengubah ukuran form untuk memposisikan kontrol sehingga tetap berpusat pada form.

Visual Basic dapat membuat executable (EXE file), kontrol ActiveX , dan file DLL, terutama digunakan untuk mengembangkan aplikasi Windows dan antarmuka sistem database. Kotak dialog dengan fungsionalitas dapat digunakan untuk menyediakan kemampuan pop-up. Kontrol menyediakan fungsi dasar dari aplikasi, sedangkan programmer dapat menyisipkan logika tambahan dalam event handler yang sesuai.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar